5 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Terkenal

5 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Terkenal - Kediri adalah Kota Terbesar ke tiga Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya. Kota Kediri mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi, Wisata alam adalah salah satu wisata andalan kota kediri. wisata modern juga tak kalah saing dengan wisata alam. Terdapat banyak wisata modern yang dibangun di Kota Tahu ini, seakan-akan Kediri ingin memperkenalkan 2 ikon wisata andalannya yang berpadu antara wisata alam juga modern. Terdapat banyak situs bersejarah peninggalan zaman dulu yang ditemukan di Kediri. Berikut beberapa tempat-tempat wisata di Kediri.

1. Wisata Air Terjun Dolo
5 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Terkenal
Air Terjun Dolo
Sebuah hutan yang masih asri terpecah oleh gemuruh suara air terjun Dolo.Eksotisme Air Terjun yang amat sangat indah menyambut datangnya para penikmat wisata alam. Pastilh anda kagum dengan panorama yang indah hingga membuat mata ini tak ingin beranjak untuk tetap menikmatinya

Air Terjun Dolo berlokasi di sebelah barat Kota Kediri, tepatnya berada di Dusun Besuki, Ds. Jugo, Kec. Mojo, Kab. Kediri, atau sekitar lebih kurang 26 kilo dari Kota Kediri Ke barat, Air Terjun Dolo menjadi salah satu ikon Wisata Alam di Kabupaten Kediri. Anda dapat menikmati hamparan hijau hutan pinus dan pemandangan yang sangat indah serta jalan yang sedikit menanjak dan meliuk - liuk yang melingkar selama perjalanan menuju puncak Air terjun dolo.

Untuk mencapai air terjun dolo anda harus mendaki tangga yang terbuat dari bebatuan yang panjang.Mungkin akan terasa lelah, tetapi rasa lelah anda akan terbayarkan ketika anda sampai di air terjun dolo,yang akan menyanbut anda dengan panorama nan indah.

2. Gunung Kelud
5 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Terkenal
Gunung Kelud
Gunung Kelud memiliki segudang keindahan yang dapat anda nikmati. Gunung Kelud terletak kurang lebih 30 Km dari Kota Kediri yang menuju arah timur wisata gunung kelud. Gunung Kelud menjadi destinasi objek wisata gunung berapi yang amat sangat indah di jawa timur. Perjalanan menuju wisata gunung kelud dari kota kediri bisa dibilang lumayan jauh.

Kawasan objek wisata Gunung Kelud ini masuk pada wilayah administratif Kabupaten Kediri. Suhu udara di kawasan ini terasa sangat sejuk karena berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Terdapat beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda nikmati di kawasan wisata Gunung Kelud diantaranya adalah flying fox, panjat tebing, pemandian air panas bahkan ada juga wisata malam anak Gunung Kelud. Tak hanya itu, Anda pun juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang menawan dari Puncak Gajah Mungkur.

3. Gua Selomangleng
5 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Terkenal
Gua Selomangleng
Merupakan salah satu objek wisata populer di kabupaten Kediri berada di utara kota. Disebut Selomangleng karena lokasinya yang terletak di lereng bukit ,secara bahasa Jawa: Selo = batu, Mangleng = miring. kurang lebih 40 m dari permukaan tanah. Gua selomangleng terbentuk dari batu andesit hitam dengan ukuran cukup besar, sehingga nampak menyolok jika di lihat dari kejauhan.

4. Monumen Simpang Lima Gumul (SLG)
5 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Terkenal
Simpang Lima Gumul
Salah satu bangunan yang telah menjadi ikon di Kota Kediri dengan bentuk menyerupai Arc de Triomphe yang ada di Paris, Perancis.SLG dibangun pada tahun 2003, diresmikan tahun 2008, digagas oleh Bupati Kediri pada saat itu, Sutrisno. Bangunan ini berlokasi di Ds Tugurejo, Kec. Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur. SLG menjadi pusat ekonomi juga perdagangan baru (Central Business District) di Kab. Kediri,

Kawasan yang strategis juga dilengkapi beragam sarana umum, seperti Bank daerah, gedung pertemuan (convention hall), gedung serbaguna (multipupose), MPU (Mobil Penumpang Umum) dan terminal bus antar kota, pasar temporer buka pada waktu tertentu dan sarana rekreasi wisata air Water Park Gumul Paradise Island.

Kunjungi juga: 14 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Terkenal

5. Gua Maria Pohsarang
5 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Terkenal
Gua Maria Pohsarang
Sering disebut Puhsarang, yang dikenal dengan nama Gua Maria Lourdes Pohsarang, merupakan salah satu tempat ziarah agama Katolik yang berlokasi di kompleks Gereja Pohsarang desa Pohsarang, kec. Semen, Kediri, 10 km arah barat kota Kediri.

Pada kompleks gereja yang lama tersedia miniatur Gua Maria Lourdes  karena bentuknya yang terlalu kecil, pada tanggal 11 Oktober 1998 dimulai pembangunan gua Lourdes yaitu replika Gua Maria Lourdes yang terdapat di Perancis. Disebut Gua Maria Lourdes karena di dalam gereja yang lama terdapat tiruan Gua Lourdes di Prancis,dengan bentuk kecil. Di sekitar patung yang kecil di gua pertama terdapat tulisan di atas kuningan yang menggunakan bahasa Jawa ejaan Belanda .

Gua kecil yang berada di sebelah kanan Gereja ini merupakan sebuah gua yang banyak didatangi oleh bukan hanya umat Katolik untuk berdoa rosario atau novena, namun juga oleh umat lain yang bukan Katolik untuk melakukan meditasi dan memohon ujub kepada Tuhan yang Mahapemurah.

Mau liburan di Kediri bersama Rombongan? gunakan jasa sewa bus Pariwisata Kediri yang terbaik dari Lidya Trans Holiday untuk pengalaman liburan yang menyenangkan. Tersedia berbagai armada, mulai dari microbus, minibus, medium bus, big bus pariwisata, sampai dengan luxury bus pariwisata.