11 Tempat Wisata di Bengkulu yang Terkenal

11 Tempat Wisata di Bengkulu yang Terkenal - Provinsi Bengkulu merupakan salah satu Provinsi dari Pulau Sumatra yang identik dengan Bunga raksasanya, yaitu bunga Rafflessia Arnoldi, yang sering dikenal dengan bunga bangkai, karena aromanya yang kurang sedap. Selain bunga endemiknya, Bengkulu juga mempunyai nilai sejarah yang lebih. Pada sa'at itu Provinsi Bengkulu berada di bawah kekuasaan Inggris. Bengkulu juga merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan di Sumatra. Untuk lebih mengenal Bengkulu, yuk kita jelajahi obyek wisata yang ada di Bengkulu. Berkut info tempat wisatanya.

1. Pulau Tikus
Pulau Tikus
Pulau Tikus
Pulau Tikus adalah sebuah pulau karang dengan luas 2 hektar dan merupakan tempat wisata favorit di Bengkulu. Berjarak sekitar 10 km dari kota Bengkulu. Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan perahu motor dari Pantai Pasir Panjang selama 40 menit. Pada malam hari anda juga dapat melihat penyu sisik dan penyu hijau yang sedang bertelur. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini, seperti snorkeling, memancing, dan juga menyelam.

2. Danau Mas Harun Bastari
Danau Mas Harun Bastari
Danau Mas Harun Bastari
Danau Mas Harun Bastari mempunyai sebuah pulau unik di tengahnya. Pulau ini berbentuk huruf C, dan menurut warga sekitar, huruf C pada pulau tersebut melambangkan nama kota Curup. Di kawasan sekitar danau terdapat kebun sayuran dan pepohonan rindang. Tempat wisata yang satu ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap untuk para pengunjungnya, antara lain arena bermain anak, mushola, lahan parkir, toilet, toko souvenir, dan warung makan. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga anda pada sa'at akhir pekan untuk mengisi waktu luang.

3. Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah
Nama danau ini terbilang cukup unik, Ada yang mengatakan nama danau ini berasal dari sebuah legenda. Menurut cerita dahulu, sepasang kekasih yang hubungannya tidak direstui oleh keluarga masing-masing dan pada akhirnya memutuskan untuk menenggelamkan diri di danau ini. Tetapi hubungan kedua keluarga masih memburuk walaupun sepasang kekasih ini sudah lenyap di danau.

Hal ini yang membuat warga menyebutnya Danau Dendam Tak Sudah. Pemandangan di danau ini sangat indah dan menjadi salah satu obyek wisata Bengkulu yang ramai dikunjungi. Selain itu, anda juga akan menemukan anggrek yang cukup langka yaitu anggrek pensil.

4.  Pantai Jakat
Pantai Jakat
Pantai Jakat merupakan sebuah pantai dengan ombak yang lebih bersahabat. Terletak di sebelah utara pantai Tapak Paderi. Pantai ini banyak didatangi pengunjung untuk berenang dan menikmati berbagai wahana, antara lain jet ski, banana boat, dan ban pelampung. Pada musim liburan, pantai Jakat tak ubahnya seperti Pantai Ancol yang ada di Jakarta.

5. Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu adalah tempat wisata yang cocok bagi anda yang gemar akan wisata sejarah dan budaya. Museum ini memiliki lebih dari 6.000 koleksi benda bersejarah dan terbagi menjadi 10 kategori. Mesin cetak "uang merah" dengan merk Golden Press adalah salah satu dari beberapa koleksi yang mendapat banyak perhatian dari pengunjung. Koleksi yang lainnya adalah 126 buah naskah kuno anonim, miniatur rumah adat, pakaian adat, peralatan rumah tangga pada zaman dahulu, kain khas Bengkulu yaitu Kain Bersurek, dan senjata tradisional.

6. Masjid Jami' Bengkulu
Masjid Jami' Bengkulu
Masjid Jami' Bengkulu

Selama Bung Karno diasingkan, Beliau tak hanya sibuk dengan buku-bukunya dan upaya untuk memerdekakan Indonesia. Presiden pertana RI ini juga meninggalkan jejaknya dalam Masjid Jami' Bengkulu. Beliau membangun sebuah Masjid tua di ujung jalan Soeprapto bersama warga setempat, di pusat kota Bengkulu. Hasil karyanya yang dapat anda lihat adalah atap Masjid yang berbentuk limas yang menggambarkan persatuan budaya Bengkulu dan Indonesia. Selain itu Beliau juga menambahkan beberapa tiang dengan ukiran yang berwara emas.

7. Benteng Marlborough
Benteng Marlborough
Benteng Marlborough
Dahulu benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan dan sekarang benteng ini menjadi tempat wisata di Bengkulu yang ramai dikujungi. Benteng Marlborough menjadi salah satu bukti bahwa dahulu Inggris pernah berkuasa di sini. Dibangun pada tahun 1713 – 1719 dan merupakan benteng pertahanan terkuat kedua Inggris. Jika dilihat dari atas benteng ini menyerupai kura-kura, memiliki luas 240 x 170 meter.

8. Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah Pengasingan Bung Karno ini terletak di jalan Soekarno-Hatta, Kec. Gading Cempaka, Bengkulu. Rumah ini menjadi saksi akan perjuangan Bung Karno bersama rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Selama kurun waktu empat tahun lamanya yakni tahun 1938 – 1942, rumah berukuran 9 x 18 meter ini dijadikan tempat tinggal Bung Karno.

Bangunan rumah ini terlihat seperti arsitektur Cina pada beberapa bagian rumahnya salahs satunya pada bentuk lubang angin dan ornamen khas Tionghoa. Dahulunya pemilik rumah ini diduga adalah pedagang Cina yang disewa oleh Belanda sebagai tempat untuk mengasingkan Bung Karno.

9. Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi
Ada satu lagi pantai menarik yang bisa Anda kunjungi di Bengkulu yaitu Pantai Tapak Paderi. Pantai ini tidak jauh dari Benteng Marlborough karena jaraknya sekitar 100 meter. Pantai Tapak Paderi terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang sangat indah. Kebanyakan pengunjung memilih menikmati suasana ini dengan menikmati pisang bakar, jagung bakar dan es kelapa muda yang banyak dijual di sekitar pantai Tapak Paderi ini.

10. Sungai Air Berau
Sungai Air Berau
Sungai Air Berau
Sungai Air Berau berada di Kabupaten Muko-muko, Provinsi Bengkulu. Biasanya sungai ini dijadikan lokasi favorit untuk wisata arung jeram karena aliran arusnya yang deras. Selain permainan arung jeram, masih terdapat banyak hal yang bisa dilakukan disini sepert memancing dan menangkap ikan.

Jika Anda datang di waktu yang tepat, disini Anda bisa melihat upacara "anak daro mandi ke air" yang merupakan ritual untuk memandikan anak bayi yang baru lahir. Selai itu, juga ada lomba dayung sampan yang biasanya diadakan pada hari jadi Kabupaten Muko-muko.

11. Pantai Panjang Putri Gading Cempaka
Pantai Panjang Putri Gading Cempaka
Pantai Panjang Putri Gading Cempaka
Pantai berpasir putih yang memiliki garis pantai sepanjang 7 Km ini adalah tempat wisata terkenal di Bengkulu. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa pantai Panjang Putri Gading Cempaka adalah pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Indonesia. Pemandangan ombak yang tenang, pasir yang halus dan sejumlah deretan pohon cemara semakin membuat pantai ini digemari wisatawan.

Ada juga beragam fasilitas yang tersedia di sini, seperti penginapan, kafe, mal,toilet  umum, sport centre, musholla, penyewaan sepeda, dan lain-lainnya.