13 Daftar Tempat Wisata di Kota Sukabumi yang Menarik

13 Daftar Tempat Wisata di Kota Sukabumi yang Menarik - Sukabumi adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Jawa Barat. Karena lokasinya hanya berjarak lebih kurang sekitar 120 km dari Kota Jakarta, dan sekitar 100 km dari Kota Bandung, Tempat wisata di Sukabumi ramai dikunjungi oleh warga sekitar Kota Jakarta dan juga Bandung, terutama pada saat hari libur dan juga akhir pekan. Ada banyak tempat wisata yang indah di Kota Sukabumi, terutama wisata alamnya yang memiliki daya tarik tersendiri. Apa saja tempat wisata di Sukabumi? Berikut ulasannya.

1.  Situ Sukarame
Situ Sukarame
Situ Sukarame
Situ Sukarame adalah danau yang terletak di kaki Gunung Salak. Panorama alam yang ditawarkan di kawasan wisata ini sangat indah, hamparan kebun teh yang mengelilingi menambah pesona daya tarik pemandangan sekitar. Udara di sini pun juga sangat sejuk dan segar. Memancing dan berselancar adalah kegiatan alam yang menarik untuk dilakukan di situ ini. Situ Sukarame merupakan destinasi favorit yang banyak dikunjungi orang.

2. Arung Jeram Sungai Citarik
Arung Jeram Sungai Citarik
Arung Jeram Sungai Citarik
Sungai Citarik merupakan salah satu tempat wisata Sukabumi yang paling terkenal. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, antara lain arung jeram, flying fox, paint ball, team building, dan lain-lain. Biasanya Sungai Citarik digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya membangun kerja sama tim. Bagi pengunjung yang datang dengan grup kecil, tak usah khawatir karena pengunjung arung jeram di Sungai Citarik sangat banyak sehingga dapat bermain arung jeram beramai-ramai.

3. Pantai Cimaja
Pantai Cimaja
Pantai Cimaja
Pantai Cimaja mulai terkenal sebagai salah satu obyek wisata di Sukabumi pada beberapa tahun terakhir ini. Pantai ini berlokasi di Desa Cimaja, lebih kurang sekitar 10 km dari Pelabuhan Ratu. Pantai Cimaja menawarkan pemandangan yang indah dengan ombak yang besar, sehingga cocok untuk olahraga selancar. Banyak para pengunjung Pantai Cimaja yang mengatakan tentang keindahan pantai ini, yang tak kalah bagus dari pantai-pantai di Bali. Tak heran banyak para turis asing datang berkunjung di pantai ini, sebagian dari mereka adalah peselancar.

4. Goa Buniayu
Goa Buniayu
Goa Buniayu
Goa Buniayu adalah goa yang besar dan dalam, untuk bisa menikmati tantangannya dibutuhkan tenaga yang sehat dan kuat. Medan yang ditempuh tak hanya berupa jalan lurus saja, tapi juga melewati danau lumpur, memanjat tebing, berpegangan pada pinggir tebing, melewati tumpukan batu, dan lain-lain, dengan lama perjalanan dalam goa sekitar 5 jam, tentu akan menguras tenaga anda. Di dalam goa, anda akan menemui pemandangan yang tidak bisa anda temui di permukaan bumi, pastinya akan menjadikan hal ini sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

5. Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng
Adalah sebuah pantai indah yang memiliki tempat penangkaran penyu hijau. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Ciracap, lebih kurang sekitar 220 km dari kota Jakarta. Walaupun jarak menuju pantai ini cukup jauh, namun anda tidak akan kecewa jika sudah berada di kawasan Pantai Ujung Genteng, karena anda akan melihat langsung pantai yang berpasir putih dengan ombak yang menggulung. Pantai Ujung Genteng menawarkan keharmonisan alam sehingga bisa mengobati segala kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Di sini anda dapat berselancar dan juga memancing.

6. Arung Jeram Sungai Cicatih
Arung Jeram Sungai Cicatih
Arung Jeram Sungai Cicatih
Sungai Citatih merupakan alternatif wisata petualangan serta kerja sama tim di Sukabumi. Karakter Sungai Citatih dengan Sungai Citarik sangat berbeda. Sungai Citatih memiliki air yang lebih deras, juga jalur yang lebih panjang, sungainya lebih lebar, dan tantangannya pun juga lebih mendebarkan. Sungai Citatih cocok bagi anda yang ingin memacu adrenalin karena Sungai Citatih mmpunyai tantangan yang lebih seru. Tapi untuk para pemula arung jeram, lebih baik mencoba Sungai Citarik terlebih dahulu.

7. Taman Rekreasi Selabintana
Taman Rekreasi Selabintana
Taman Rekreasi Selabintana
Taman Rekreasi Selabintana adalah sebuah tempat wisata Sukabumi yang menawarkan suasana asri dari hijaunya pegunungan, taman rekreasi ini berlokasi di kaki Gunung Pangrango, sekitar 7 km dari utara kota Sukabumi. Taman Rekreasi Selabintana dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata. Taman rekreasi ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin berpiknik menikmati hijaunya pegunungan.

Cukup membayar Rp 5.000 saja, anda sudah bisa menikmati Taman Rekreasi Selabintana. Di taman ini menyediakan banyak fasilitas menarik, antara lain kolam renang, mushola, toilet, tempat parkir, kawasan bermain, perkebunan teh, lokasi kemah, penginapan, hutan lindung,
permainan ATV, flying fox, dan fasilitas lainnya.

8. Situ Gunung
Situ Gunung
Situ Gunung
Situ Gunung adalah danau yang sangat indah dan hijau, dan merupakan salah satu lokasi paling favorit para fotografer Indonesia. Terletak di Kecamatan Kadu Dampit, tepatnya berada di kaki Gunung Pangrano, lebih kurang sekitar 16 km dari Kota Sukabumi. Seperti wisata danau lainnya, di sini anda bisa bermain perahu, memancing, berpiknik,  berkemah, dan lain-lain. Jalan menuju Situ Gunung masih sangat minim penerangannya, jadi alangkah baiknya jika anda berkunjung pada saat pagi atau siang hari saja. Selain itu, signal handphone juga kurang bagus di sini.

9. Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar merupakan sebuah kampung yang sudah berumur sekitar 650 tahun dengan adat yang turun temurun sehingga apabila berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman unik dan tak terlupakan. Kampung ini terletak di Kecamatan Cisolok. Untuk bisa melihat wisata budaya dari Kampung Ciptagelar, anda harus melewati perjalanan yang lumayan sulit. namun semua akan terbayarkan karena budaya Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tidak dapat anda temui di daerah lain.

10. Pantai Cibangban
Pantai Cibangban
Pantai Cibangban
Pantai Cibangban adalah pantai bersih dan memiliki karakteristik ombak yang lebih tenang apabila dibandingkan dengan Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini berlokasi lebih kurang sekitar 10 km dari Pelabuhan Ratu. Untuk bisa mencapai lokasi Pantai Cibangban, anda harus ambil jalan menuju ke Cisolok. Lama waktu perjalanan dari Pelabuhan Ratu lebih kurang sekitar 1 jam. Pantai Cibangban cocok untuk berenang, karena ombaknya yang tenang. Bila anda ingin menginap, tak usah khawatir karena di sini terdapat hotel dan cottage yang ada di sepanjang pantai.

11.  Kawah Ratu
Kawah Ratu
Kawah Ratu
Kawah Ratu merupakan kawah aktif yang mengeluarkan uap panas, berlokasi di lereng Gunung Salak. Kawah Ratu adalah tempat wisata favorit para pecinta alam, karena untuk bisa mencapai tempat wisata ini, anda harus menempuh perjalanan yang mendaki dan melewati perjalanan setapak lebih kurang selama 3 jam. Bila anda ingin mendaki, jangan lupa membawa peralatan untuk mendaki seperti, kompas, jas hujan, payung, senter, sandal gunung, bekal makanan, dan lain-lain.

12. Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh adalah tempat wisata di Kota Sukabumi yang masih terbilang alami dengan suguhan panorama alam yang sangat memikat, dengan pemandangan pegunungan, pantai, bukit, hingga bebatuan purba. Geopark Ciletuh berada di Kecamatan Ciemas. Di area wisata ini juga terdapat air terjun, antara lain Curug Cimarinjung, Curug Cikanteh, Curug Ngelay. dan Puncak Manik. Lama perjalanan menuju Geopark Ciletuh sekitar 5 jam dari pusat Kota Sukabumi.

13. Curug Sawer
Curug Sawer
Curug Sawer
Curug Sawer berada di dalam di Kawasan Wisata Situ Gunung, Curug ini memiliki ketinggian sampai 25-30 meter. Curug Sawer masuk dalam pengelolaan hutan termasuk juga RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi. Di sini juga ditemui curug yang lain, yaitu Curug Cimanaracun, dimana Curug Cimanaracun adalah sumber dari danau Situ Gunung. Curug ini berjarak lebih kurang sekitar 200 meter dari Wisma Situgunung.