5 Nama Tempat Wisata yang Terkenal di Pangandaran

5 Nama Tempat Wisata yang Terkenal di Pangandaran - Pantai Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata pantai terkenal yang ada di Jawa Barat. Pada hari-hari libur atau momen-momen tertentu seperti momen pergantian tahun baru dan lebaran, pantai ini selalu dijadikan tempat berkumpul banyak wisatawan baik dari domestik maupun mancanegara. Daya tarik wisata Pangandaran yang terletak di Kabupaten Ciamis ini adalah wisata pantai dan berbagai kegiatan wisata pantai yang tentunya menyenangkan. Selain termasuk tempat wisata yang berbiaya murah, Pantai Pangandaran juga sangat mudah diakses dengan beragam transportasi yang ada.

Kawasan wisata Pantai Pangandaran adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer khususnya bagi masyarakat Jawa Barat. Di Pantai inilah, banyak warga yang menghabiskan waktu liburannya baik bersama dengan keluarga, kerabat, teman, atau pasangan. Tempat wisata di Pangandaran ini juga menjadi salah satu tempat wisata anak-anak yang cukup digemari, tidak jarang ada begitu banyak keluarga yang memilih agenda wisatanya pergi ke Pantai Pangandaran saat liburan sekolah dan hari libur lainnya. Provinsi Jawa Barat selain sebagai salah satu provinsi yang memiliki penduduk terbesar di Indonesia juga salah satu penyumbang utama jumlah wisatawan yang datang ke pantai ini. Wisata Pantai Pangandaran merupakan destinasi favorit bagi sebagian wisatawan dari luar negeri.

Nah, Apa saja tempat wisata di Pangandaran yang wajib dikunjungi? Berikut ini ada sejumlah objek wisata di Pangandaran yang bisa Anda pilih untuk tujuan liburan Anda.

1. Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran adalah obyek wisata yang terkenal di daerah Ciamis. Pantai Pangandaran adalah destinasi wisata primadona terutama masyarakat Jawa Barat. Pantai Pangandaran ini mempunyai beragam kegiatan wisata pantai yang menyenangkan, kegiatan tersebut diantaranya adalah berenang, memancing, perahu pesiar, berkeliling dengan sepeda, para sailing, jet ski, dan lain sebagainya. Pantai Pangandaran memiliki air yang bersih dan jernih. Pantai ini juga mempunyai rentang waktu yang relatif lama antara kondisi air laut pasang dan surut. Oleh karena itu, aktifitas berenang menjadi pilihan wisata yang aman di pantai ini.

Pantai Pangandaran di Ciamis telah mempunyai dukungan infrastruktur dan fasilitas publik yang lengkap. Area tempat parkir kendaraan di pantai ini juga tergolong luas. Di kawasan Pantai Pagan daran juga terdapat hotel dan penginapan dengan harga yang bervariasi, dari murah hingga mahal. Ada juga parasailing, jetski, layanan postel dan money changer, bioskop, bumi perkemahan, diskotik, dan lain-lainnya.

Untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini, Anda harus membayar harga tiket masuknya dengan kriteria sebagai berikut:

  • Bila Anda berjalan kaki, maka harga tiket masuknya 3.000 Rupiah per orang.
  • Bila Anda mengendarai sepeda motor, maka harga tiket masuk 7.000 Rupiah.
  • Bila Anda mengendarai jeep/sedan, maka harga tiket masuk 28.000 Rupiah.
  • Bila Anda mengendarai jenis Carry, maka harga tiket masuk 35.000 Rupiah.
  • Bila Anda menggunakan kendaraan berpenumpang besar, maka harga tiket masuk 40.000 Rupiah.
  • Bila Anda mengendarai bus kecil, maka harga tiket masuk 80.000 Rupiah.
  • Bila Anda mengedarai bus berukuran sedang, maka harga tiket masuk 104.000 Rupiah.
  • Bila Anda mengendarai bus besar, maka harga tiket masuk 169.000 Rupiah.

2. Pantai Batu Karas
Pantai Batu Karas
Pantai Batu Karas
Pantai ini menawarkan suasana alam yang tenang dan gelombang laut yang tenang. Disini, Anda bisa menikmati suasana pantai yang tenang dengan semilir angin sambil menikmati hidangan yang banyak dijual di sekitar Pantai Batu karas. Kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan disini seperti berenang, berkemah, berperahu di bengawan, atau bahkan berselancar. Pantai Batu Karas merupakan salah satu tempat wisata di Pangandaran yang disukai wisatawan asing. Pantai ini juga seringkali dijadikan pilihan tempat wisata keluarga, karena biasanya pengunjung yang datang bersama dengan anak-anaknya serta anggota keluarga lainnya. Air di Pantai Batu karas ini bersih dan kebiruan, sungguh merupakan sebuah tempat wisata bersantai yang cocok.

3. Citumang Pangandaran
Citumang Pangandaran
Citumang Pangandaran
Citumang Pangandaran adalah Salah satu tempat wisata alam di Pangandaran yang menawarkan panorama indah. Pada beberapa area, Sungai Citumang bisa digunakan untuk kegiatan berenang dan bermain. Meskipun demikian, keistimewaan dari tempat wisata ini adalah pesona aliran sungainya dan panorama alam di sekitarnya.

4. Green Canyon atau Cukang Taneuh
Green Canyon atau Cukang Taneuh
Green Canyon atau Cukang Taneuh
Letak Green Canyon ini tidaklah jauh dari Pantai Batu Karas. Yang menjadi daya tarik wisata Green Canyon Pangandaran ini terletak pada aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua. Daerah ini ini juga diapit oleh 2 buah bukit, dan ada banyak pepohonan dan bebatuan. Green Canyon di Pangandaran ini bisa diibaratkan lukisan alam yang unik dan mengundang semangat untuk menjelajahinya. Anda bisa melakukan kegiatan menyelam di tempat ini atau berenang sambil mengikuti aliran arus air. Meskipun demikian, ada banyak perahu yang siap mengantarkan Anda untuk menjelajahi Green Canyon Indonesia ini. Nantinya Anda akan ditemani oleh pemandu dari setiap perahu yang Anda sewa. Untuk harga tiket perahu di Green Can dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan jam 5 sore.

5. Pangandaran Waterpark
Pangandaran Waterpark
Pangandaran Waterpark
Pangandaran Waterpark ini adalah tempat wisata yang terbilang baru di kawasan Pangandaran. Pangandaran Waterpark terletak sekitar 5 km sebelum pintu masuk wisata Pangandaran. Di Waterpark ini akan ada sejumlah kolam besar dan lapangan khusus buat ATV track. Luas lahan Pangandaran Waterpark lebih dari 10 hektar. Disini, Anda bisa bermain seperti waterbom, seluncuran, petualangan seperti highrope, dan ATV track. Untuk harga tiket masuk ke Pangandaran Waterpark yaitu sebesar 15.000 Rupiah per orang pada hari biasa dan 20.000 Rupiah per orang pada hari libur atau akhir pekan.