Wisata Banten - Wisata Taman Nasional Ujung Kulon

Wisata Banten - Wisata Taman Nasional Ujung Kulon | Sebuah pengalaman yang unik dan berbeda akan Anda rasakan di wisata Ujung Kulon. Sejak tahun 1992, UNESCO telah menyatakan Taman Nasional Ujung Kulon ini sebagai World Heritage (Warisan Dunia). Di sinilah hewan badak bercula satu yang merupakan satwa langka yang dilindungi negara.

Secara administratif Taman Nasional Ujung Kulon masuk dalam 2 wilayah kecamatan, yakni Kec. Cimanggu dan Kec. Sumur. Dua kecamatan ini merupakan bagian dari wilayah Kab.Pandeglang, Banten. Masih banyak destinasi wisata lain yang ada di Banten, beberapa diantaranya adalah Pantai Anyer, Pulau Umang, dan Pantai Carita.

Suasana alam yang masih murni akan Anda temui di kawasan wisata ini. Terdapat sumber tenaga listrik yang hanya ada di Pulau Peucang. Inilah sebab mengapa perangkat elektronik sulit digunakan di daerah ini, termasuk juga alat komunikasi.
Badak bercula satu satwa langka di Taman Nasional Ujung Kulon
Badak Bercula Satu di Ujung Kulon
Pesona alam yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain, dapat Anda temukan di Taman Nasional Ujung Kulon, mulai dari pantai berpasir putih, air terjun, taman laut, sungai, dan juga sumber air panas. Tak hanya itu, flora dan faunanya juga mampu memberikan sebuah pengalaman wisata yang tak kalah menarik. Di sini, Anda bisa melihat ikan Glodok yang bisa memanjat akar pohon bakau dan ikan sumpit yang mampu menyemprotkan air sejauh satu meter di atas permukaan air.

Pulau Handeuleum, Salah Satu Wisata yang Disukai di Ujung Kulon
Pulau Handeuleum, salah satu wisata yang disukai di Ujung Kulon
Pulau Handeuleum di Ujung Kulon
Kepulauan Handeuleum merupakan sebuah kawasan yang dilindungi. Tentunya Anda harus mentaati peraturan yang berlaku di areal wisata ini. Diantaranya adalah dilarang membawa benih tanaman, senjata api, bahan kimia, maupun binatang peliharaan. Termasuk dilarang menangkap dan berburu binatang.

Beberapa Spot Menarik di Wisata Ujung Kulon

Banyak tempat wisata menarik Ujung Kulon yang patut Anda kunjungi. Dengan pesona yang disuguhkan mampu membuat Anda berlama-lama di sini.

1. Pulau Peucang
Pulau Peucang
Pulau Peucang
Pulau Peucang merupakan sebuah tempat yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana damai dan jauh dari segala rutinitas. Sebagai destinasi wisata, pulau ini telah memiliki beberapa fasilitas serta infrastruktur yang memadai.

Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat mengagumkan. Pantai dan alam bawah lautnya akan memanjakan mata Anda untuk menikmati keeksotikannya. Diving dan snorkling adalah dua diantara kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini. Anda juga akan menjumpai sebuah karang mati berlubang dan berukuran besar, yakni karang Copong yang letaknya ada di bagian utara pulau tersebut.

2. Kepulauan Handeuleum
Sungai Cigenter
Sungai Cigenter
Pulau ini terdiri dari pulau besar dan pulau kecil. Di sana ada sebuah sungai Cigenter. Jika ingin menyusuri sungai ini, Anda bisa menggunakan perahu dayung kecil. Disepanjang perjalanan, Anda akan menjumpai aneka spesies satwa, seperti ikan yang beragam jenisnya, ular, dan juga burung.

Objek wisata di Ujung Kulon ini menyuguhkan keindahan sebuah air terjun yang bertingkat. Selain berdayung di sungai Cigenter, Anda bisa pergi mengunjungi pulau lainnya. seperti Handeuleum Kecil, seperti Handeuleum Besar, Handeuleum Tengah, dan juga Pulau Kalong.

3. Pulau Panaitan
Pulau Panaitan
Pulau Panaitan
Jika Anda pecinta surfing, cobalah berkunjung di Pulau Panaitan Ujung Kulon. Pulau Panaitan berada di Barat Laut Pulau Peucang. Pada umumnya berselancar adalah aktivitas populer para wisatawan di Ujung Kulon ini. Ombak yang bagus untuk berselancar di sini disebut sebagai “one palm point”, yang terkenal di kalangan penikmat surfing.

4. Curug Cikacang

Kawasan Curug Cikacang sering digunakan untuk melakukan kegiatan penelitian. Di daerah curug Ujung Kulon ini mempunyai hutan primer dan hutan sekunder yang menjadi habitat aneka macam flora dan fauna. Di antaranya termasuk sejumlah tanaman obat yang ada di hutan kawasan Curug Cikarang.

5. Mata Air Panas Cibiuk

Mata Air Panas Cibiuk ini berjarak sekitar 2 km dari Taman Jaya di Ujung Kulon. Mata air panas alam ini dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Tak heran, jka Anda akan dapat menjumpai cukup banyak orang yang datang ke sini.

6. Padang Rumput Cidaon
Padang Rumput Cidaon
Padang Rumput Cidaon
Di padang rumput ini, Anda bisa melihat banteng-banteng yang sedang merumput. Namun, Anda direkomendasikan untuk menikmati pemandangan tersebut dengan menggunakan teropong dari menara. Hal ini agar tidak mengganggu aktivitas satwa liar disini . Hal lain yang menarik disini adalah panorama padang rumput Cidaon saat matahari terbenam. Maka dari itulah spot wisata Ujung Kulon yang satu ini seringkali dikunjungi wisatawan di waktu sore.

7. Tanjung Layar
Tanjung Layar
Tanjung Layar
Disinilah aktivitas treking yang menyuguhkan situasi hutan dengan berbagai pepohonan besar dan suara kicauan burung di sepanjang perjalanan Anda. Di akhir perjalanan, Anda bisa menjumpai sebuah mercusuar.

Hotel di Ujung Kulon

Beberapa hotel dan penginapan di dekat Ujung Kulon bisa Anda temukan di Ujung Kulon. Anda juga bisa menginap di sebuah villa atau cottage dekat Ujung Kulon, misalnya Tanjung Lesung Beach Hotel dan Mutiara Carita Cottages.

Rute Perjalanan ke Ujung Kulon

Kawasan wisata Ujung Kulon bisa Anda tempuh melalui jalur darat dan jalur laut. Bila dari Jakarta, Anda bisa menggunakan angkutan bus jurusan Kalideres – Labuan. Atau bisa juga bus jurusan Kampung Rambutan – Serang – Labuan. Setelah sampai Labuan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum yang berupa minibus dengan rute Labuan – Sumur – Taman Jaya.

Jika melalui jalur laut, kawasan wisata Ujung Kulon bisa ditempuh dengan menaiki kapal sewaan. Biasanya tempat-tempat penyewaan kapal ini dapat Anda jumpai di Labuan dan Taman Jaya.