Inilah 10 Oleh-oleh Khas Malang Paling Terkenal

Inilah 10 Oleh-oleh Khas Malang Paling Terkenal - Kota Malang yang terletak di provinsi di Jawa Timur dengan sejumlah tempat wisata menarik memang membuat nyaman siapa saja yang datang berkunjung. Pergi ke Malang jangan hanya asyik sendiri, ada baiknya Anda juga membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah agar bisa ikut menikmati kota ini meski tidak mengunjunginya secara langsung.

Nah, Agar Anda tidak salah dalam memilih oleh-oleh yang tepat, berikut ini ada 10 oleh-oleh khas Malang yang tidak boleh dilewatkan:

1. Apel
Apel Khas Malang
Buah Apel Khas Malang
Ya, kota Malang identik dengan buah apelnya. Maka dari itu tidak heran jika buah yang satu ini pun selalu menjadi primadona untuk dijadikan oleh-oleh khas. Ada dua jenis apel di kota Malang yang populer yakni apel manalagi dan apel ana. Apel manalagi berwarna hijau dengan bentuk bulat dan rasanya manis segar. Berbeda dengan apel ana yang memiliki bentuk sedikit lonjong dengan semburat warna merah serta rasanya lebih asam.

Anda dapat dengan mudah menemukan buah apel di Malang. Anda dapat membelinya di kawasan pasar, agrowisata dan juga pedagang buah yang ada di pinggir jalan. Tapi jangan lupa menawar ya agar bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

2. Sari Buah Apel
Sari Buah Apel Khas Malang
Sari Buah Apel Khas Malang
Cara lain untuk membawa buah apel sebagai oleh-oleh khas Malang bisa dengan membelinya dalam bentuk sari buah. Pembuatan sari buah ini dari apel segar pilihan. Buah Apel terlebih dahulu dicuci dan dibuang bijinya. Dan setelah itu, apel dimasukkan ke mesin peras yang akan memisahkan sari buah dari ampasnya. Jenis apel yang sering digunakan adalah apel manalagi dan apel romebeauty.

Ada banyak sekali produsen sari buah apel ini. tentunya Anda harus lebih pintar memilih mana yang tak menggunakan pemanis buatan dan tanpa bahan pengawet. Anda bisa menemukan sari buah apel ini di pusat oleh-oleh dan juga kawasan tempat wisata Malang.

3. Pia Mangkok
Pia Mangkok Khas Malang
Pia Mangkok Khas Malang
Kue pia tidak hanya bisa Anda temukan di daerah Yogyakarta, di Malang juga mempunyai pia khas yang biasa disebut pia mangkok. Pia mangkok ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena mampu bertahan hingga 2 minggu dari masa produksinya, jadi ada baiknya saat membeli mintalah pia mangkok yang baru diproduksi di hari Anda membeli.

Toko yang menjual pia mangkok tersebut terletak di Jalan Semeru 25. Pia ini juga terdiri dari berbagai varian rasa seperti keju, cokelat, durian dan kacang hijau.

4. Aneka Olahan Telo di Repoeblik Telo
Aneka Olahan Telo di Repoeblik Telo
Aneka Olahan Telo di Repoeblik Telo
Berada di perbatasan antara Malang – Pasuruan, Repoeblik Telo telah hadir dengan menawarkan aneka kuliner dengan bahan telo atau biasa dikenal dengan ubi. Jenis telo yang menjadi bahan utama berbagai jajanan di tempat ini adalah telo ungu. Ada beberapa diantaranya produk olahan telo seperti bakpao, keripik, es krim, pizza dan nugget.

Selan bisa membelinya sebagai oleh-oleh, Anda pun juga dapat menikmati berbagai jajanan ini langsung di tempat. Pusat oleh-oleh ini terletak di Jl Raya Purwodadi No. 1 Lawang. Disini menyediakan tempat bersantap yang nyaman dengan dilengkapi fasilitas free WiFi.

5. Keripik Tempe
Keripik Tempe Khas Malang
Keripik Tempe Khas Malang
Selain buah apel, Malang juga terkenal sebagai penghasil tempe. Anda dapat dengan mudah menemukan keripik tempe hampir di setiap sudut daerah kota Malang. Jika Anda ingin merasakan pengalaman membeli keripik tempe yang berbeda? Anda bisa datang saja ke Kampung Sanan yang letaknya di Kecamatan Belimbing.

Kampung Sanan dikenal sebagai sentra penghasil keripik tempe di Malang. Hampir semua warga di sini mempunyai bidang usaha yang tidak jauh dari produksi keripik tempe diantaranya ada yang usaha pemasok tempe, pengiris tempe hingga dengan pembungkus keripik tempe.

Keripik tempe khas Kampung Sanan ini hadir dalam beragam varian rasa seperti keju, rumput laut, barbeque, jagung manis dan pizza.

6. Keripik Ceker
Keripik Ceker Khas Malang
Keripik Ceker Khas Malang
Tidak hanya keripik buah dan keripik tempe, ternyata Malang juga mempunyai keripik ceker yang istimewa. Warga Malang, mengolah ceker ayam ini menjadi keripik yang garing, renyah serta rasanya gurih dan nikmat. Keripik ceker dipercaya mengandung banyak kebaikan bagi tubuh seperti asam amino, kalsium dan kolagen .

Keripik ceker bisa Anda temui di banyak pusat oleh-oleh khas di Malang. Keripik ini dikemas dalam berbagai ukuran, jadi silakan Anda pilih ukuran yang paling sesuai.

7. Keripik Buah
Keripik Buah Khas Malang
Keripik Buah Khas Malang
Kondisi tanah di Malang yang subur membuat lahannya cocok untuk budidaya buah apa pun. Hasil panen buah yang melimpah membuat warga Malang harus pintar memutar otak agar buah masih dapat dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Dan akhirnya, dibuatlah aneka keripik buah khas kota Malang.

Beragam buah dapat dikreasikan menjadi keripik. Ternyata Buah yang sebelumnya juicy dan segar setelah melalui proses panjang dapat menjadi garing dan renyah. Ada beberapa keripik buah yang bisa ditemukan di Malang di antaranya keripik apel, nangka, salak, rambutan, semangka dan kelengkeng.

Keripik buah ini tersedia dalam beragam merek dagang. Anda dapat membelinya di pusat oleh-oleh dan juga kawasan objek wisata di Malang.

8. Frozen Bakso
Bakso President Khas Malang
Bakso President Khas Malang
Menikmati bakso di kota aslinya memanglah sangat nikmat. Menikmati bakso hangat di tengah suasana udara sejuk kota Malang bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Nah, Anda bisa membeli bakso beku atau frozen bakso.

Salah satu tempat yang menyediakan oleh-oleh khas ini adalah Bakso President lokasinya berada di Jalan Batanghari. Selain bakso beku yang mampu bertahan sampai hitungan bulan bila disimpan di dalam lemari es, di tempat wisata kuliner ini juga menyediakan bumbunya. Jadi nanti di rumah, Anda bisa membuat bakso Malang sendiri.

9. Pastry Buah di Malang Strudel
Pastry Buah di Malang Strudel
Pastry Buah di Malang Strudel
Pastry Buah ini adalah oleh-oleh terbaru dari Malang yang resmi dibuka pada akhir tahun 2014. Malang Strudel menyediakan Strudel dengan berbagai varian rasa. Strudel ini merupakan pastry atau kue berlapis berisi aneka buah. Di tempat ini, selain bisa menemukan Strudel yang berisi apel, Anda juga bisa menemukan strudle dengan berbagai varian rasa lain seperti mix fruit, stroberi, pisang dan nanas.

Apakah Anda penasaran dengan rasa oleh-oleh baru khas Malang ini? Jika iya, langsung saja datang ke Malang Strudel yang lokasinya terletak di Jl Ardimulyo Nomor 14, Singosari.

10. Keramik Dinoyo
Keramik Dinoyo Khas Malang
Keramik Dinoyo Khas Malang
Mungkin oleh-oleh yang berupa camilan sudah terlalu mainstream? Jika ingin berbeda, Anda bisa datang ke Jalan MT Haryono XI. Di tempat ini, terdapat sejumlah deretan toko yang menjual keramik khas Malang atau biasa disebut dengan Keramik Dinoyo. Terdapat sedikitnya 30 toko kerajinan yang menjual berbagai jenis keramik mulai dari mug, piring, vas bunga, guci, asbak hingga dengan hiasan meja dan dinding.

Posting Komentar untuk "Inilah 10 Oleh-oleh Khas Malang Paling Terkenal"