10 Tempat Wisata di Blora yang Paling Terkenal

10 Tempat Wisata di Blora yang Paling Terkenal - Blora merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal sebagai daerah penghasil minyak bumi. Blora berbatasan langsung dengan Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati di utara, Kabupaten Tuban dan Kab. Bojonegoro di timur, Kabupaten Ngawi di selatan, dan Kabupaten Grobogan di bagian barat.

Meski Blora belum sepopuler kota lainnya di provinsi Jateng, tapi Blora memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik. Berikut rangkuman tempat wisata di Blora yang menarik untuk dikunjungi.

1. Goa Terawang
Goa Terawang
Goa Terawang
Goa seluas 13 hektar ini terbentuk karena endapan batu gamping. Didalamnya ada 6 goa kecil yanng menjadikannya termasuk salah satu goa terbesar di Jawa Tengah. Dinamakan Goa Terawang karena terdapat celah pada langit-langit goa sehingga sinar matahari bisa masuk dan menerangi bagian dalam goa. Goa Terawang merupakan salah satu tempat foto favorit wisatawan.

Goa Terawang berlokasi di Desa Todanan bagian barat kota Blora berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota.

2. Loko Wisata Cepu
Loko Wisata Cepu
Loko Wisata Cepu
Loko Wisata Cepu ini masih erat dengan sejarah. Di kawasan ini, Anda akan menjumpai sebuah lokomotif tua yang dibuat tahun 1928 oleh Berliner Maschinnenbeun. Meskipun sudah berumur tua, tapi lokomotif ini masih terawat. Di Loko Wisata Cepu ini, Anda akan diajak berkeliling hutan jati. Selain berkeliling melihat pemandangan hutan jati, di kawasan Loko Wisata Cepu ini juga dapat menyaksikan proses pengolahan kayu jati yang diolah menjadi furniture bernilai tinggi.

3. Waduk Tempuran
Waduk Tempuran
Waduk Tempuran
Seperti namanya, Waduk Tempuran berlokasi di Dusun Juwet, Desa Tempuran, Kabupaten Blora. Waduk ini menjadi pusat rekreasi bagi sekitar kota Blora seperti Pati, Kudus dan Demak. Selain sebagi obyek wisata, Waduk Tempuran juga digunakan untuk sarana irigasi, pembudidayaan ikan air tawar dan tempat berlatih para atlit dayung internasional. Pengunjung yang datang ke Waduk Tempuran biasanya memang sengaja untuk melihat atlit dayung berlatih sambil menikmati pemandangan indah waduk.

4. Waduk Bentolo
Waduk Bentolo
Waduk Bentolo
Selain Waduk Tempuran, masih ada Waduk Bentolo yang juga tidak kalah indah. Lokasi waduk ini tidak berada jauh dari obyek wisata Goa Terawang berjarak sekitar 500 meter. Waduk Bentolo memiliki luas sekitar 270.795 meter dan difungsikan untuk sektor pertanian. Selain menikmati keindahan waduk, disini juga ada lahan untuk berkemah yakni di Bumi Perkemahan Pancasona.

5. Waduk Greneng
Waduk Greneng
Waduk Greneng
Selain kedua waduk diatas, ada lagi waduk Greneng yang berlokasi di Dusun Greneng, Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora. Jika dari pusat ko Blora sekitar 12 km ke arah barat. Bagi Anda yang hobi memancing, tempat yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena Waduk Greneng merupakan salah satu lokasi memancing favorit warga Blora dan sekitarnya.

6. Water Splash atau Taman Sarbini
Water Splash atau Taman Sarbini
Water Splash atau Taman Sarbini
Dahulunya tempat ini bernama Taman Sarbini, nemun sejak dikelola pihak swasta namanya dirubah menjadi Water Splash. Disini menawarkan taman rekereasi semacam waterpark mini sehingga akan sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga. Objek wisata ini berada di kota Blora dan tidak jauh dari gedung DPRD Blora tepatnya di Jalan A Yani, Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora, Blora.

7. Taman Budaya dan Seni Tirtonadi
Taman Budaya dan Seni Tirtonadi
Taman Budaya dan Seni Tirtonadi
Tempat wisata di Blora selanjutnya yaitu Taman Budaya dan Seni Tirtonadi. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit anak muda untuk berkumpul maupun nongkrong. Taman ini berlokasi di pusat kota Blora yakni Jln. Sudarman. Adapun fasilitas di Taman Budaya dan Seni Tirtonadi yang bisa Anda temukan seperti kolam renang dan panggung hiburan. Taman yang sudah ada sejak tahun 1960 ini dulu sering disebut Kebun Binatang Taman Tirtonadi karena terdapat beberapa hewan langka.

8. Bukit Janjang
Bukit Janjang
Bukit Janjang
Di Bukit Janjang ini, Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah seperti area persawahan, hutan jati dari puncak bukit. Selain menikmati alam segar, Jika beruntung Anda juga bisa menyaksikan acara sedekah bumi atau yang biasa diadakan di Desa Janjang setiap tahunnya. Bukit Janjang berada di Desa Janjang, Kecamtan Jiken, Kabupaten Blora.

9. Agrowisata Temanjang
Agrowisata Temanjang
Agrowisata Temanjang
Agrowisata Temanjang cukup dimainati wisatawan akhir-akhir ini. Disini menawarkan pemandangan alam hijau yang indah khas wisata agro Temanjang. Wisata Agrowisata Temanjang terletak di Ds. Temanjang, Kec. Banjarejo kurang lebih sekitar 16 km Selatan Kota Blora.

Tempat ini cocok untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari karena suasananya yang sejuk dan segar lepas dari pemandangan kota yang itu-itu saja dengan didominasi oleh pohon jati pemandangan alam khas Agrowisata Temanjang. Tidak hanya sebagai tempat wisata, lokasi wisata ini juga menjadi tempat sakral para penduduk lokal yang ingin melangsungkan upacara tertentu.

10. Gunung Manggir
Gunung Manggir
Gunung Manggir
Adalagi wisata alam dengan pemandangan alamnya yang indah di Kab.Blora, yakni wisata Gunung Manggir. Gunung Manggir merupakan perbukitan kapur yang terletak di perbukitan Manggir, Ds. Ngumbul Kec. Todanan, Kab. Blora. Tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan perbukitan kapur dan diselimuti pepohonan, selain itu terdapat juga beberapa goa alami yang sangat diminati banyak wisatawan. Selain goa, terdapat juga sendang dengan air yang sangat jernih.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Blora yang Paling Terkenal"