Keindahan Air Terjun Putuk Truno di Prigen Pasuruan

Keindahan Air Terjun Putuk Truno di Prigen Pasuruan - Pernahkah Anda pergi ke Pasuruan? Jika belum, tak ada salahnya menyambangi kota berjulukan "Kota Santri" ini. Selain itu, kota yang juga terkenal sebagai salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur ini menyimpan sejumlah tempat wisata yang menarik dikunjungi. Selain Taman Safari Prigen dan air terjun Kakek Bodo, masih ada lagi tempat wisata di Pasuruan yang patut Anda kunjungi yaitu air terjun Putuk Truno.

Air terjun Putuk Truno termasuk dalam kawasan wisata Tretes yang berada di kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Air terjun setinggi 45 meter ini lokasinya tidak jauh dari air terjun Kakek Bodo yakni hanya berjarak sekitar 400 meter. Selain bisa melihat keindahan air terjun yang masih alami, disini Anda juga disuguhi pemandangan tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Tak hanya itu, air terjun Putuk Truno juga dikenal akan kesegaran dan kejernihan airnya sehingga batu-batuan yang terdapat di dalam air bisa terlihat dengan jelas.
Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan
Air Terjun Putuk Truno
Lokasi Air Terjun Putuk Truno
Lokasi air terjun Putuk Truno ada di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Akses dan Rute Menuju Air Terjun Putuk Truno
Akses menuju air terjun Putuk Truno terbilang mudah karena selain jalan yang sudah beraspal baik lokasinya juga dekat dengan jalan raya. Nah, untuk rute perjalanannya yaitu dari Pasuruan Kota menuju Kecamatan Prigen tepatnya menuju Polsek Prigen. Setelah tiba di Polsek Prigen, Anda akan menjumpai pertigaan lalu pilih jalur kiri yang mengarah ke lokasi air terjun. Nanti sekitar 200 meter akan ada papan nama air terjun Putuk Truno

Untuk yang berangkat dari Surabaya rutenya yaitu : Surabaya - Sidoarjo - Porong - Gempol - Prigen - Air Terjun Putuk Truno
Air Terjun Putuk Truno di Prigen Pasuruan
Air Terjun Putuk Truno di Prigen Pasuruan
Legenda Air Terjun Putuk Truno
Dibalik keindahannya, rupanya air terjun Putuk Truno Prigen menyimpan legenda atau sejarah. Konon katanya nama air terjun ini diambil dari seorang laki-laki bernama Joko Taruno yang pernah bertapa di sekitar air terjun hingga akhirnya berubah atau menjelma menjadi ular (Putuk).

Kisahnya yaitu hubungan Joko Taruno dan Sri Gading Lestari tidak disetujui Raden Arya Wiraraja (ayah Sri Gading Lestari) yang menjabat sebagai Adipati Madura. Meski Joko Taruno hanyalah seorang biasa dan bukan dari keturunan raja maupun ratu, tapi cinta Joko Taruna pada Sri Gading Lestari begitu dalam sehingga ia pun bertekad untuk menjadikannya sebagai istri.

Dengan keyakinan cinta yang dimiliki, akhirnya Joko Taruno bertapa memohon bantuan kepada Sang Penguasa Jagad. Namun saat proses pertapaannya, tiba-tiba tubuhnya menjelma menjadi seekor ular.

Singkat cerita, doa Joko Taruna pun dikabulkan dan mereka bertemu di sebuah air terjun yang kini dikenal dengan nama Air Terjun Putuk Truno atau nama lainnya Air Terjun Keabadian. Putuk berarti Ular dan Truno diambil dari Nama Taruno.

Ada banyak mitos yang beredar mengenai air terjun Putuk Truno ini salah satunya yaitu bagi yang berendam dibawah air terjun bisa mendapat berkah berupa keabadian cinta atau hubungan dengan pasangannya awet atu langgeng.
Papan Nama Air Terjun Putuk Truno Prigen
Papan Nama Air Terjun Putuk Truno Prigen
Fasilitas yang ada di Air Terjun Putuk Truno
Fasilitas yang ada di air terjun Putuk Truno diantaranya kamar mandi, taman, tempat berteduh, bangku, warung makan dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno
Untuk bisa masuk ke kawasan wisata air terjun Putuk Truno, pengunjung harus membayar tiket masuknya yaitu 10.000 Rupiah per orang. Selain itu, juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan yaitu sepeda motor 2.000 Rupiah dan Mobil 5.000 Rupiah.

Posting Komentar untuk "Keindahan Air Terjun Putuk Truno di Prigen Pasuruan"